Keanekaragaman Hayati (Biologi SMA Kelas X)

Keseragaman adalah kondisi dimana semuanya sama, contohnya dalam ekosistem suatu wilayah mempunyai keseragaman jenis hewan. Sedangkan pengertian hayati adalah segala sesuatu yang bersifat hidup atau berhubungan dengan kehidupan. Contoh penggunaannya seperti sumber daya alam hayati, pupuk hayati dan lain-lain.

Jadi Keanekaragaman hayati yaitu keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukkan keseluruhan variasi gen, spesies dan ekosistem di suatu daerah. Ada dua faktor penyebab keanekaragaman hayati, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme. 

Lalu apa saja yang termasuk keanekaragaman hayati? Berikut tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan pelestarian keanekaragaman hayati serta manfaatnya.

contoh keanekaragaman hayati
contoh keanekaragaman hayati

A. Tingkatan Keanekaragaman Hayati 


Keanekaragaman hayati atau biodiversitas adalah keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukkan keseluruhan atau totalitas variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu lingkungan.

Keanekaragaman di kelompokan menjadi tiga tingkatan. yaitu keanekaragaman tingkat gen, keanekaragaman tingkat jenis, dan keanekaragaman tingkat ekosistem.

1. Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen
contoh keanekaragaman hayati tingkat gen

Keanekaragaman tingkat gen adalah adalah keanekaragaman yang terjadi antara individu yang satu dengan individu lain dalam satu jenis atau spesies. Keanekaragaman tingkat jenis terjadi karena adanya variasi susunan gen (DNA) pada masing-masing individu. Contoh variasi spesies ayam, antara lain ayam kampung, ayam hutan, ayam ras, ayam arab, dan ayam bangkok.

2. Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis

Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis
contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis

Merupakan keanekaragaman individu yang berbeda spesies. Memperlihatkan adanya variasi bentuk, penampakan, dan variasi sifat lainnya antara spesies satu dengan lainnya. Misalnya, variasi yang terjadi pada berbagai spesies unggas seperti ayam, bebek, itik, angsa, dan lain-lain.

3. Keanekaragaman Tingkat Ekosistem

Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem
contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem

Makhluk hidup yang beraneka ragam baik bentuk, penampakan, dan sifat-sifat lainnya berinteraksi dengan lingkungan abiotik nya dan dengan jenis-jenis makhluk hidup lainnya yang bervariasi akan membentuk berbagai macam ekosistem sehingga membentuk keanekaragaman ekosistem. Misalnya, keanekaragaman ekosistem di Indonesia mencapai kurang lebih 47 ekosistem yang berbeda. Beberapa ekosistem yang ada di Indonesia antara lain: ekosistem hutan bakau, ekosistem pantai, ekosistem hutan rawa gambut, dan ekosistem hutan hujan tropis.

B. Keanekaragaman Hayati di Indonesia


Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi. Keanekaragaman hayati Indonesia memiliki beberapa keunikan dan keistimewaan yaitu:


  • Memiliki tumbuhan tipe indo-malaysia (flora malesiana), misalnya tumbuhan yang termasuk famili Dipterocarpaceae seperti meranti (shorea sp) dan kayu garu (Gonystylus bancanus).

  • Memiliki fauna tipe asia (oriental), australia, dan peralihannya. Misalnya gajah dan harimau (tipe oriental), kuskus dan bandicot (tipe australia), dan babi rusa dan anoa (peralihan).

  • Memiliki berbagai flora dan fauna langka. Misalnya harimau sumatra, tapir, dan burung cendrawasih merupakan fauna langka di Indonesia, sedangkan flora langkanya antara lain nangka celeng (Arthocarpus elasticus) dan sukun berbiji (Artocarpus communis).

  • Memiliki banyak flora dan fauna endemik, misalnya jalak bali putih (Leucopsar rothschildi) dan Rafflesia arnoldi.

C. Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Pelestarian keanekaragaman hayati dibedakan menjadi dua macam, yaitu pelestarian in situ dan ex situ.

1. Pelestarian in situ adalah pelestarian sumber daya alam hayati di habitat aslinya. Contoh pelestarian in situ yaitu pelestarian badak bercula satu di Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa Barat dan pelestarian Komodo di Taman Nasional, Pulau komodo. 

2. Pelestarian ex situ adalah pelestarian sumber daya alam hayati yang dilakukan dengan memindahkannya ke tempat lain yang cocok bagi perkembangan dan kahidupannya. Contoh pelestarian ex situ yaitu Kebun Raya Bogor, Penangkaran orang utan dan penangkaran jalak bali di kebun binatang.

D. Manfaat Keanekaragaman Hayati

  1. Sebagai sumber pangan.
  2. Sebagai sumber sandang.
  3. Sebagai sumber papan.
  4. Sebagai sumber pendapatan.
  5. Sebagai bahan obat- obatan.
  6. Sebagai bahan kosmetik.
  7. Sebagai sumber ilmu pengetahuan.
  8. Sebagai aspek budaya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »