Pengertian Gagasan Utama

Gagasan utama adalah pembahasan yang menjadi topik utama pembahasan suatu uraian. Gagasan utama menjadi inti dari sebuah pembahasan dan terletak di kalimat utama yang bisanya terdapat di awal dan akhir paragraf.

pengertian gagasan utama

Berdasarkan letaknya gagasan utama pada paragraf terbagi menjadi beberapa hal berikut :
  • Deduktif, yaitu paragraf yang gagasan utamanya terdapat di awal paragraf.
  • Induktif, yaitu paragraf yang gagasan utamanya terdapat di akhir paragraf.
  • Deduktif-induktif, yaitu paragraf yang gagasan utamanya terdapat di awal dan akhir paragraf. Pada paragraf deduktif induktif, terdapat dua kalimat utama. Akan tetapi, gagasan utama paragraf tersebut hanya satu, yaitu terdapat di awal dan akhir paragraf.
  • Ineratif, yaitu paragraf yang gagasan utamanya harus disimpulkan sendiri oleh pembaca. Pada paragraf ineratif tidak terdapat kalimat utama.

Gagasan utama memiliki beberapa istilah lain seperti berikut ini :

1. Gagasan pokok adalah pokok masalah yang mendasari cerita yang bersifat abstrak atau implisit atau kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama. Gagasan pokok merupakan gagasan yang menjiwai paragraf.

2. Ide pokok adalah masalah utama yang dibahas dalam suatu paragraf. Nama lain dari ide pokok antara lain yaitu pikiran pokok, pokok pikiran, gagasan pokok, gagasan utama, dan pikiran utama.

3. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf. Pikiran pokok disebut juga dengan pikiran utama, gagasan utama atau gagasan pokok. Setiap paragraf terdapat satu pikiran pokok yang merupakan inti dari pembicaraan yang ada pada paragraf tersebut.

4. Pikiran utama adalah ide pokok yang mendasari suatu tulisan atau paragraf. Ide pokok dapat tercantum di beberapa kalimat. Biasanya ada 1 yang memuat paling banyak inti paragraf. Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung ide pokok sehingga menjadi kalimat yang merupakan inti paragraf.

5. Pokok pikiran adalah ide utama dari sebuah paragraf. Pikiran pokok biasanya disebut juga dengan pikiran utama, gagasan utama atau gagasan pokok. Pada setiap paragraf memiliki satu pikiran pokok yang merupakan inti dari pembicaraan yang ada pada paragraf tersebut.

Gagasan utama dapat Anda temukan dengan cara berikut :
  • Perhatikan kalimat pertama dan terakhir dari teks tersebut karena gagasan utama tidak terdapat di tengah-tengah paragraf.
  • Pilihlah kalimat yang berisi hal yang umum yang dibahas teks.
  • Berdasarkan kalimat tersebut, pilihlah gagasan utama yang terdapat dalam pilihan jawaban yang tersedia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »