Apa Itu Arduino? Pengertian, Jenis - Jenis dan Bagian - Bagian Arduino UNO

APA ITU ARDUINO? 

Arduino adalah papan pengendali mikro single-board yang awalnya dibuat oleh perusahaan Smart Projects. Salah satu tokoh penciptanya adalah Massimo Banzi. Papan ini merupakan perangkat keras yang bersifat "open source" sehingga boleh dibuat oleh siapa saja. 

Apa Itu Arduino?

Arduino dibuat dengan tujuan untuk memudahkan eksperimen atau perwujudan berbagai peralatan yang berbasis mikrokontroler, misalnya: 

1. pemantauan ketinggian air di waduk
2. pelacakan lokasi mobil
3. penyiraman tanaman secara otomatis
4. otomatisasi akses pintu ruangan
5. pendeteksi keberadaan orang untuk pengambilan keputusan

Berbagai jenis kartu Arduino tersedia, antara lain adalah:
  • Arduino Uno
  • Arduino Diecimila
  • Arduino Duemilanove
  • Arduino Leonardo
  • Arduino Mega
  • Arduino Nano

Walaupun terdapat berbagai jenis kartu Arduino, secara prinsip pemrograman yang diperlukan menyerupai. Hal yang membedakan antara Arduino satu dengan yang lainnya adalah kelengkapan fasilitas dan pin-pin yang perlu digunakan.


ARDUINO UNO 

Arduino Uno berukuran sebesar kartu kredit. Walaupun berukuran kecil seperti itu, papan tersebut mengandung mikrokontroler dan sejumlah input/output (I/O) yang memudahkan pemakai untuk menciptakan berbagai proyek elektronika yang dikhususkan untuk menangani tujuan tertentu. Bagian-bagian di Arduino Uno yang perlu diketahui terlebih dahulu ditunjukkan pada gambar dibawah.

Gambar penjelasan beberapa bagian di Arduino Uno

Penjelasan bagian masing-masing adalah seperti berikut:

  1. Port USB digunakan untuk menghubungkan antara Arduino Uno dengan PC atau Laptop, melalui sepasang kabel USB.
  2. Colokan catu daya eksternal digunakan untuk memasok sumber daya listrik untuk Arduino Uno ketika tidak dihubungkan ke komputer. Jika Arduino Uno dihubungkan ke komputer melalui kabel USB, pasokan daya listrik diberi oleh komputer.
  3. Pin digital mempunyai label 0 sampai dengan 13. Disebut pin digital karena mempunyai isyarat digital, yakni berupa 0 atau 1. Dalam praktik, nilai 0 dinyatakan dengan tegangan 0 Volt dan nilai 1 dinyatakan dengan tegangan 5 Volt.
  4. Pin analog berarti bahwa pin-pin ini mempunyai nilai yang bersifat analog (nilai yang berkesinambungan). Dalam suatu program, nilai setiap pin analog yang berlaku sebagai masukan (hasil dari sensor) berkisar antara 0 sampai dengan 1023.
  5. Mikrokontroler yang digunakan di Arduino Uno adalah Atmega328.
  6. Ada dua pin yang dapat digunakan untuk memasok catu daya ke komponen elektronis yang digunakan dalam menangani proyek, misalnya sensor gas, sensor jarak, dan relai. Tegangan yang tersedia adalah 3,3V dan 5V. Komponen-komponen elektronis yang diberi tegangan oleh Arduino Uno adalah yang memerlukan arus kecil. Untuk komponen atau sensor yang memerlukan arus lebih dari 500mA harus menggunakan catu daya tersendiri, contohnya motor DC.

Arduino Uno dilengkapi dengan static random-access memory (SRAM) yang berfungsi untuk memegang data dengan ukuran 2 KB, kemudian dilengkapi juga dengan flash memory berukuran 32KB, dan erasable programmable read-only memory (EEPROM). SRAM pada Arduino digunakan untuk menampung data atau hasil pemrosesan data selama Arduino menerima pasokan dari catu daya. Flash memory untuk menaruh program yang sudah dibuat. EEPROM pada Arduino digunakan untuk menyimpan program bawaan dari Arduino Uno dan sebagian lagi dapat digunakan untuk menaruh data milik anda secara permanen.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »