Pengertian Individu, populasi, komunitas, dan ekosistem (Biologi SMA)

Halo sobat referensi belajar pada kesempatan kali ini admin akan membahas mata pelajaran biologi, nah sebelumnya apa ada yang tahu apa itu biologi? Biologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu dari kata kata BIOS dan LOGOS. Bios itu artinya hidup sedangkan logos itu artinya ilmu. Maka dari dua kata ini kita dapat mengetahui bahwasanya biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup.

Dari definisi biologi yang singkat ini kita dapat mengetahui begitu luas cakupan ilmu biologi seperti mempelajari tentang manusia, hewan, dan tumbuhan serta makhluk hidup yang lebih kecil seperti mikroorganisme. Jika kalian keluar dari rumah dan melihat lingkungan sekitar maka akan menjumpai objek dari biologi seperti melihat kucing, nah kucing adalah bagian dari hewan dan hewan bagian dari biologi.

Pengertian Biologi (Individu, populasi, komunitas, dan ekosistem)

Dalam biologi terdapat beberapa tingkatan objek biologi, antara lain yaitu:
  1. Individu
  2. Populasi
  3. Komunitas
  4. Ekosistem

Yang pertama yaitu Individu, Individu adalah satuan makhluk hidup atau organisme tunggal, misalnya terdapat satu ekor tikus maka satu ekor tikus tersebut dapat dikatakan satu individu tikus. Kemudian misalnya ada satu batang tanaman padi maka batang padi ini dikatakan satu individu padi. Begitu pula misalnya ada seekor ular maka satu ekor ular ini dikatakan satu individu ular nah itulah yang dinamakan dengan individu.

Pengertian Biologi (Individu, populasi, komunitas, dan ekosistem)

Kemudian yang kedua yaitu populasi, apa itu populasi? Populasi adalah kumpulan beberapa individu yang sama yang terdapat di suatu tempat tertentu. Misalnya kita melihat tiga individu tikus maka tiga individu tikus tersebut merupakan populasi tikus. Begitupun dengan padi, jika terdapat beberapa rumpun padi misalnya di suatu daerah maka kumpulan individu padi tersebut bisa dikatakan sebagai populasi padi. Jadi populasi adalah kumpulan dari beberapa individu yang sama dan mendiami suatu tempat tertentu.

Pengertian Biologi (Individu, populasi, komunitas, dan ekosistem)

Lalu yang ketiga adalah komunitas, Komunitas adalah kumpulan dari beberapa populasi yang mendiami suatu tempat tertentu dan beberapa populasi tersebut saling berinteraksi dan saling mempengaruhi. Misalnya terdapat 3 populasi yaitu tikus, padi, dan ular di tempat yang sama contohnya sawah maka dapat dikatakan ini adalah komunitas sawah yang terdiri dari populasi tikus padi dan ular. Ketiga populasi tersebut saling berinteraksi yaitu padi dimakan tikus kemudian tikus dimakan oleh ular maka terbentuklah suatu rantai makanan.

Pengertian Biologi (Individu, populasi, komunitas, dan ekosistem)

Dan yang terakhir adalah ekosistem, Apa itu ekosistem? Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan di sekitarnya. Contohnya padi membutuhkan tanah dan air agar dapat tumbuh begitupun dengan tikus dan ular yang sama-sama membutuhkan air agar dapat tetap hidup.

Mungkin cukup sekian yang dapat admin sampaikan pada pembahasan mengenai Pengertian Individu, populasi, komunitas, dan ekosistem, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan tulis di kolom komentar dibawah. Terimakasih...

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »